Saturday, October 2, 2010

Kedudukan Psikologi Kelompok dengan Psikologi Sosial

Kali ini kita akan membahas kedudukan Psikologi Kelompok dengan Psikologi Sosial. Tapi sebelumnya kita haruslah mengetahui apa itu Psikologi Sosial. Psikologi Sosial merupakan cabang dari ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya yang menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial. Psikologi sosial adalah suatu studi ilmiah tentang pengalaman dan tingkah laku individu-individu dengan hubungannya dengan situasi sosial.

Psikologi sosial mempunyai dasar potensi-potensi manusia, dimana potensi tersebut mengalami proses perkembangan setelah individu itu hidup dilingkungan masyarakat. potensi tersebut adalah kemampuan menggunakan bahasa, adanya sikap etik, hidup dalam  dimensi (dulu, sekarang, akan datang).

Sebagai ilmu yang objeknya manusia, maka terdapat saling berhubungan antara psikologi sosial dengan ilmu-ilmu yang objeknya juga manusia seperti Ilmu hukum, Ekonomi, sejarah dan sosiologi.

Jadi apa sih kedudukan Psikologi Kelopok dalam Psikologi sosial? Psikologi kelompok erat kaitannya dengan psikologi sosial, Objek studi psikologi sosial mempelajari tingkah laku individu dalam hubungannya dengan situasi sosial. Situasi sosial sangat berkaitan dengan adanya kelompok dan tingkah laku individu sangat dipengaruhi oleh kelompok.

Jadi Psikologi Sosial berperan penting dalam Psikologi Kelompok yang berkaitan erat. dan saling mempengaruhi dalam tingkah laku manusia.

No comments:

Post a Comment