Tuesday, April 10, 2012

Pekerjaan di Bidang Psikologi yang Menggunakan Komputer sebagai Media

Kali saya akan membahas pekerjaan dibidang Psikologi yang menggunakan Komputer sebagai medianya, sebenarnya banyak pekerjaan di bidang psikologi yang berhubungan dengan media komputer tetapi saya hanya akan membahas hal yang paling saya suka yaitu Psikologi Forensik.

Psikologi forensik adalah semua pekerjaan psikologi yang  secara langsung membantu pengadilan, pihak-pihak yang terlibat dalam proses hukum, fasilitas-fasilitas kesehatan mental koreksional dan forensik, dan badan-badan administratif, judikatif dan legislatif yang bertindak dalam kapasitas yudisial.

Yang sebenarnya sangat berhubungan dengan psikologi klinis yang tugas-tugasnya menelaah variabel-variabel yang berperan dalam tindak kejahatan, evaluasi mental korban kecelakaan kerja, aspek-aspek psikologi pelecehan seksual dan lain-lain.

Nah, dalam hal ini seperti kita pernah kita saksikan dalam film-film kriminalitas atau dalam chanel tv "Fox crime", banyak hal-hal yang bisa dilakukan psikologi dalam menyelesaikan kasus-kasus yang dilakukan penjahat, dalam hal ini mereka dibantu oleh komputer yang canggih, pemakaian Tab, handphone yang memudahkan komunikasi, dengan teknologi dan komputer tersebut, mereka bisa menyimpan data-data penjahat-penjahat yang sudah ditangkap atau pun yang belum, serta mempermudah dalam menganalisa sidik jari yang ada.

Komputer juga mempermudah psikolog yang menangani psikis seseorang dengan bantuan alat-alat yang bisa dipakai dalam pemeriksaan, agar memudahkan membuat diagnosa. Teknologi yang sangat berkembang ini pun mempermudah pemakaian kerja komputer tersebut sehingga tidak sulit dipakai.

 sumber : http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/psikologi-forensik

No comments:

Post a Comment